Perubahan Ketentuan Layanan

 

Kami memperbarui Ketentuan Layanan Jaklingko App untuk memastikan kami dapat memberikan layanan terbaik kepada Anda. Untuk itu kami membutuhkan Anda untuk memberikan akses kepada beberapa fungsi sehingga fitur-fitur yang akan datang akan lebih baik dan menyenangkan. Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut ini adalah Ketentuan Layanan Jaklingko App.

 

KETENTUAN LAYANAN JAKLINGKO

 

1.

Pendahuluan

 

 

1.1.

Dengan menggunakan Layanan (sebagaimana didefinisikan), Pengguna menyetujui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini yang berlaku untuk Pengguna. Ketentuan Layanan ini (sebagaimana didefinisikan) merupakan perjanjian yang mengikat secara hukum (“Perjanjian“) antara Pengguna dan PT Jaklingko Indonesia (“JLI”). Perjanjian berlaku untuk penggunaan Pengguna atas Layanan (sebagaimana didefinisikan) yang disediakan oleh JLI.

 

 

1.2.

JLI dapat melakukan adendum ketentuan dalam Perjanjian ini kapan saja. Perubahan tersebut akan berlaku setelah ditampilkan di Aplikasi dan Pengguna berkewajiban untuk meninjau Ketentuan Layanan secara berkala. Apabila Pengguna tidak menyetujui adendum, mohon untuk tidak menggunakan atau melanjutkan menggunakan Aplikasi atau Layanan.

 

 

1.3.

JLI adalah perusahaan yang menyediakan platform dalam bidang sistem pembayaran antar moda transportasi dan tarif melalui metode Elektronifikasi Integrasi Pembayaran Transportasi Umum Jakarta (EIPTJ) beserta pengembangannya di wilayah Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (Jabodetabek) dengan potensi wilayah kerja di seluruh Indonesia.

 

 

2.

Definisi

 

 

2.1.

“Afiliasi” merupakan sehubungan suatu badan, setiap badan lain dari JLI yang mengendalikan, dikendalikan oleh atau berada di bawah kendali yang sama dengan JLI. Untuk keperluan definisi ini, “kendali” (termasuk ungkapan “mengendalikan”, “dikendalikan oleh” dan “berada di bawah kendali yang sama dengan”) berarti kepemilikan, secara langsung maupun tidak langsung, atas wewenang untuk mengarahkan atau membuat diarahkannya manajemen dan kebijakan suatu badan, baik melalui kepemilikan efek dengan hak suara, berdasarkan kontrak atau dengan cara lainnya.

 

 

2.2.

“Aplikasi” berarti berarti aplikasi seluler yang disediakan oleh JLI untuk dapat diunduh oleh masing-masing Pengguna yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian tiket untuk operator transportasi umum dengan menggunakan fitur-fitur dan Layanan yang disediakan oleh Aplikasi baik oleh JLI dan/atau Penyedia Layanan;

 

 

2.3.

“Pengguna” berarti setiap pengguna akhir yang mengakses atau menggunakan Layanan Aplikasi;

 

 

2.4.

“Penyedia Layanan Transportasi” adalah operator transportasi umum yang memberikan fasilitas layanan dan telah bekerja sama dengan JL, atau pihak ketiga lainnya, sehubungan dengan pembelian tiket layanan transportasi umum melalui Aplikasi;

 

 

2.5.

“Data Pribadi” berarti segala informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna atau yang daripadanya Pengguna dapat diidentifikasi. Ini termasuk namun tidak terbatas pada nama Pengguna, kewarganegaraan, nomor telepon, rincian bank dan kartu kredit, minat pribadi, alamat email, foto Pengguna, nomor identitas yang dikeluarkan pemerintah, data biometrik, ras, tanggal lahir, status perkawinan, agama, informasi kesehatan, kendaraan dan informasi asuransi;

 

 

2.6.

“Informasi Rahasia” adalah data dan/atau informasi yang diungkapkan oleh JLI dan/atau Afiliasi kepada Pengguna, yang bersifat rahasia, serta merupakan hak milik dari salah satu pihak, baik JLI atau salah satu Afiliasi berhubungan dengan pemberian Layanan kepada Pengguna dan penggunaan Aplikasi oleh Pengguna;

 

 

2.7.

“Kebijakan Privasi” adalah kebijakan privasi JLI yang merujuk ke Pasal 4 dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Layanan ini serta Adendum yang selanjutnya dilakukan atas Ketentuan Layanan ini;

 

 

2.8.

“Layanan” adalah jasa layanan yang disediakan oleh JLI melalui Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada pemesanan, pembayaran, atau penggunaan layanan fitur dan/atau penyediaan produk yang tersedia pada Aplikasi;

 

 

3.

Kerahasiaan

 

 

3.1.

Pengguna harus menjaga kerahasiaan semua informasi dan data yang berkaitan dengan JLI, termasuk namun tidak terbatas pada layanan, produk, urusan bisnis, rencana pemasaran dan promosi atau operasi lainnya dan perusahaan terkaitnya yang diungkapkan, baik sebelum, pada atau setelah tanggal Perjanjian ini, kepada Pengguna oleh atau atas nama JLI (baik secara lisan atau tertulis) atau yang secara langsung atau tidak langsung diperoleh oleh Pengguna dari JLI, atau Afiliasi JLI, atau dibuat dalam jangka waktu Perjanjian ini. Pengguna selanjutnya harus memastikan bahwa Pengguna hanya menggunakan informasi rahasia tersebut untuk menggunakan Layanan, dan tidak akan tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari JLI, mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga atau menggunakannya untuk tujuan lain.

 

 

3.2.

Kewajiban kerahasiaan di atas tidak berlaku sejauh Pengguna dapat menunjukkan bahwa informasi tersebut:

 

 

 

3.2.1.

merupakan, atau di masa yang akan datang menjadi, pengetahuan publik yang bukan dikarenakan kesalahan atau kelalaian Pengguna; dan

 

 

 

3.2.2.

diharuskan untuk diungkapkan oleh hukum.

 

 

4.

Privasi Data dan Kebijakan Perlindungan Data Pribadi

 

 

4.1.

Pengguna menerima dan menyetujui JLI menggunakan dan memproses Data Pribadi Pengguna dengan cara yang diatur dalam Kebijakan ini.

 

 

4.2.

JLI mengumpulkan Data Pribadi Pengguna pada saat-saat Pengguna menggunakan Aplikasi atau pada keadaan stanby, termasuk namun tidak terbatas pada ketika:

 

 

 

4.2.1.

Pengguna membuat, melengkapi, dan mengisi profil Pengguna pada Akun Pengguna yang memuat informasi identifikasi pengguna seperti nama, informasi kontak, dan lainnya;

 

 

 

4.2.2.

Pengguna berinteraksi dengan halaman media sosial JLI guna memberikan informasi, menyampaikan masalah, dan lainnya;

 

 

 

4.2.3.

Pengguna mengisi informasi demografis dalam survei Pengguna yang dapat diadakan oleh JLI dan/atau Afiliasi JLI;

 

 

 

4.2.4.

Pengguna berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh JLI; dan

 

 

 

4.2.5.

Pengguna melakukan verifikasi identitas dengan berbagai cara (seperti verifikasi nomor ponsel, verifikasi surat elektronik, masuk dengan media sosial, serta menghubungkan akun atau kartu pembayaran pada Aplikasi);

 

 

 

4.2.6.

Pengguna melakukan perjalanan dengan Aplikasi terinstal pada perangkat Pengguna

 

 

 

4.2.7.

Pengguna masih menginstal Aplikasi dan dalam kondisi stanby pada ponsel.

 

 

4.3.

JLI mengumpulkan Data Pribadi Pengguna saat menggunakan Aplikasi dan Layanan, serta pada saat standby, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

 

 

4.3.1.

nama lengkap;

 

 

 

4.3.2.

alamat surat elektronik dan nomor telepon Pengguna;

 

 

 

4.3.3.

informasi pengenal lainnya tentang Pengguna yang diminta secara wajar oleh JLI;

 

 

 

4.3.4.

informasi lokasi Pengguna;

 

 

 

4.3.5.

informasi transaksi (metode pembayaran);

 

 

 

4.3.6.

informasi tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan Aplikasi atau Layanan kami (seperti fitur yang digunakan dan konten yang dilihat);

 

 

 

4.3.7.

informasi perangkat (seperti model perangkat keras dan nomor seri, alamat IP), nama dan versi file dan aplikasi, lokasi GPS, nomor IMEI, dan pengidentifikasi iklan atau informasi apa pun yang dapat mengindikasikan modifikasi perangkat atau aplikasi);

 

 

 

4.3.8.

data telematika (seperti data kecepatan, akselerasi, dan pengereman Anda);

 

 

4.4.

JLI dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam daftar di bawah ini (“Tujuan”), yakni:

 

 

 

4.4.1.

menyediakan, mempersonalisasi, memelihara, dan meningkatkan Aplikasi dan Layanan JLI untuk Pengguna;

 

 

 

4.4.2.

menyelesaikan masalah-masalah dukungan Pengguna yang mungkin terjadi;

 

 

 

4.4.3.

melakukan analisis dan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Pengguna;

 

 

 

4.4.4.

tujuan-tujuan hukum seperti penyelesaian sengketa dan mematuhi perintah pengadilan, pemerintah, atau peraturan lainnya;

 

 

 

4.4.5.

mengirimkan Pengguna komunikasi pemasaran terkait dengan produk, layanan, atau acara JLI yang sesuai dengan profil Pengguna; dan

 

 

 

4.4.6.

menampilkan konten yang dipublikasikan oleh Pengguna secara ublic di platform JLI.

 

 

4.5.

Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa JLI dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna pada berbagai pihak untuk keperluan-keperluan, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

 

 

4.5.1.

dalam hal JLI mengalihkan pemrosesan Data Pribadi pada pihak ketiga yang dalam hal ini bertindak sebagai Pemroses Data Pribadi; informasi pengenal lainnya tentang Pengguna yang diminta secara wajar oleh JLI;

 

 

 

4.5.2.

dalam hal Data Pribadi dibutuhkan untuk diberikan kepada vendor, konsultan, dan/atau Afiliasi untuk keperluan seperti fasilitator pembayaran, pengembangan Layanan, mitra penelitian, dan penyediaan analisis data;

 

 

 

4.5.3.

dalam hal Data Pribadi dibutuhkan untuk kepentingan hukum sehingga harus diungkapkan kepada penasihat hukum JLI, pejabat penegak hukum, dan otoritas pemerintah; dan

 

 

 

4.5.4.

dalam hal JLI melakukan pengambilalihan, penjualan, penggabungan, usaha patungan, konsolidasi, restrukturisasi, pembiayaan, atau jenis transaksi bisnis lainnya sehingga data perlu dibagian dengan pihak lain.

 

 

4.6.

Pengguna berhak untuk:

 

 

 

4.6.1.

menanyakan informasi tentang identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan pemrosesan Data Pribadi Pengguna dan diberikan salinannya;

 

 

 

4.6.2.

melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi tentang dirinya sesuai dengan Tujuan;

 

 

 

4.6.3.

meminta untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/ atau memusnahkan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

 

 

 

4.6.4.

meminta pembatasan atau penundaan pemrosesan Data Pribadi secara proporsional apabila dibutuhkan;

 

 

 

4.6.5.

menarik persetujuan Pengguna  untuk pemrosesan Data Pribadi Pengguna; dan

 

 

 

4.6.6.

mengajukan komplain kepada otoritas privasi data yang relevan jika hak privasi data Pengguna dilanggar, atau jika Pengguna menderita kerugian sebagai akibat dari pemrosesan Data Pribadi Pengguna yang melanggar hukum.

 

 

 

4.6.7.

mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi tentang dirinya dengan struktur dan/atau format yang dapat dibaca oleh sistem elektronik. informasi pengenal lainnya tentang Pengguna yang diminta secara wajar oleh JLI;

 

 

 

4.6.8.

menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi tentang dirinya ke Pengendali Data Pribadi lainnya, sepanjang sistem yang digunakan dapat saling berkomunikasi secara aman.

 

 

4.7.

Pengguna bertanggung jawab untuk hal-hal sebagai berikut:

 

 

 

1.

menjamin sepenuhnya atas kebenaran informasi dan/atau Data Pribadi dan/atau dokumen lainnya yang diserahkan oleh Pengguna kepada JLI berkaitan dengan Layanan;

 

 

 

2.

mengajukan pelaksanaan hak melalui permohonan tercatat yang disampaikan secara elektronik atau nonelektronik kepada Pengendali Data Pribadi

 

 

4.8.

JLI akan melakukan upaya-upaya hukum, organisasi, dan teknis yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi terlindungi, namun dengan ini Pengguna memahami atas risiko yang mungkin muncul dari pengiriman Data Pribadi Pengguna.

 

 

5.

Batasan Tanggung Jawab

 

 

5.1.

Kecuali dinyatakan sebaliknya, dan sejauh yang diizinkan oleh hukum, segala klaim terhadap JLI oleh Pengguna akan terbatas pada jumlah agregat dari semua jumlah yang sebenarnya dibayar oleh dan/atau harus dibayar oleh Pengguna dalam menggunakan layanan selama peristiwa yang menimbulkan klaim tersebut.

 

 

5.2.

JLI dan/atau pemberi lisensinya tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian atau cedera yang mungkin ditimbulkan oleh atau disebabkan oleh Pengguna atau kepada orang yang telah Pengguna pesan layanannya, termasuk namun tidak terbatas pada:

 

 

 

a.

Kehilangan, kerugian atau cedera yang timbul dari, atau dengan cara apapun terhubung dengan layanan, platform, aplikasi dan/atau perangkat lunak;

 

 

 

b.

Penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan layanan, platform, aplikasi dan/atau perangkat lunak;

 

 

 

c.

Keterlambatan, kegagalan, kerusakan, atau kerugian yang dihasilkan sebab batasan, keterlambatan, dan masalah lain yang melekat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik termasuk perangkat yang digunakan oleh Pengguna yang rusak, tidak terhubung, di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi;

 

 

 

d.

Kepercayaan yang Pengguna berikan pada kelengkapan, keakuratan, atau keberadaan iklan apapun; atau

 

 

 

e.

Sebagai akibat dari hubungan atau transaksi apapun antara Pengguna dan penyedia, pedagang, pengiklan, atau sponsor pihak ketiga manapun yang iklannya muncul di situs web atau dirujuk oleh layanan, aplikasi, dan/atau perangkat lunak, bahkan jika JLI dan/atau pemberi lisensinya telah diberitahukan sebelumnya tentang kemungkinan kerusakan tersebut.

 

 

5.3.

JLI tidak dan tidak akan menilai atau memantau kesesuaian, legalitas, kemampuan, pergerakan atau lokasi layanan milik Penyedia Layanan Transportasi, pedagang, pengiklan dan/atau sponsor, sehingga Pengguna secara tegas mengesampingkan dan melepaskan JLI dari setiap dan semua kewajiban, klaim atau kerugian yang timbul dari atau dengan cara apapun terkait dengan layanan milik Penyedia Layanan Transportasi, pedagang, pengiklan dan/atau sponsor.

 

 

6.

Pemberitahuan

 

 

6.1.

JLI dapat memberikan pemberitahuan mengenai adendum terkait Ketentuan Layanan ini, serta atas adendum tersebut, JLI akan melakukan pemberitahuan yang akan dianggap telah diberikan dengan cara-cara:

 

 

 

6.1.1.

dalam hal pemberitahuan dilakukan melalui surat elektronik, maka 2 (dua) jam setelah surat elektronik dikirimkan (sebagaimana yang dicatat oleh perangkat yang dipakai oleh pengirim surat elektronik), kecuali apabila pengirim menerima pesan otomatis bahwa surat elektronik tidak berhasil terkirim;

 

 

 

6.1.2.

dalam hal pemberitahuan dilakukan melalui aplikasi, ketika push notification dan/atau media pemberitahuan lainnya di aplikasi telah dikirimkan ke akun Pengguna sebagaimana tercatat dalam sistem JLI; atau

 

 

 

6.1.3.

dalam hal pemberitahuan dilakukan melalui sarana selain yang dicantumkan dalam poin 6.1.1. dan 6.1.2., maka akan mengikuti ketentuan yang ditetapkan dalam pemberitahuan tersebut.

 

 

6.2.

Pengguna dapat memberikan pemberitahuan kepada JLI (pemberitahuan tersebut akan dianggap diberikan ketika diterima oleh JLI) melalui surat tertulis yang dikirim oleh kurir atau surat elektronik ke JLI menggunakan rincian kontak seperti yang disediakan dalam Aplikasi.

 

 

7.

Pengalihan

 

 

Ketentuan Layanan ini sebagaimana dimodifikasi dari waktu ke waktu dapat tidak dialihkan oleh Pengguna tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari JLI. Setiap pengalihan yang dilakukan oleh Pengguna yang melanggar pasal ini akan menjadi batal.

 

 

8.

Penyelesaian Sengketa

 

 

Ketentuan Layanan ini diatur oleh hukum Indonesia, tanpa memperhatikan pilihan atau konflik ketentuan hukum dari yurisdiksi manapun. Atas setiap perselisihan, tindakan, klaim atau penyebab tindakan yang timbul dari atau sehubungan dengan Ketentuan Layanan ini atau Layanan akan dirujuk ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) Jakarta, sesuai dengan Peraturan BANI yang diubah atau diubah dari waktu ke waktu.